10 Nama Band Musik Terkenal Indonesia yang Berasal dari Singkatan

Posted by

Setidaknya ada 10 nama band musik terkenal Indonesia yang berasal dari singkatan. Pecinta musik Tanah Air tentu sudah tidak asing dengan nama-nama band yang ngehits di era 90-an hingga 2000-an.PauseUnmute

Sebut saja Peterpan, Dewa 19, Kla Project, dan lain-lain. Namun, tahukah Anda jika sejumlah nama band sudah sangat populer itu rupanya berasal dari sebuah singkatan?

Bagi yang belum tahu, berikut 10 nama band musik terkenal Indonesia yang berasal dari singkatan.

1. Dewa 19

10 Nama Band Musik Terkenal Indonesia yang Berasal dari Singkatan

Salah satu band yang pamornya sangat fenomenal di Indonesia adalah Dewa 19 yang digawangi oleh Ahmad Dhani dan kawan-kawan. Band ini telah melahirkan banyak tembang hits yang tak lekang oleh waktu, sebut saja Roman Picisan, Risalah Hati, Pupus, dan Dewi.

Di balik karyanya yang legit, nama Dewa 19 rupanya merupakan sebuah akronim dari nama-nama depan para personel terdahulu. Ahmad Dhani dalam kanal Youtube Daniel Mananta Network yang tayang pada 16 Juni 2020 mengatakan jika Dewa berasal dari Dhani, Erwin, Wawan, dan Andra. Sementara 19 berasal dari album pertama mereka.

2. ST 12

ST12

Anda tentu tidak asing dengan band ST 12 yang memiliki vokalis bersuara khas mendayu-dayu. Dilansir dari Youtube Ridwan Frey yang tayang pada 21 Oktober 2021, band yang bergenre pop alternatif ini diprakarsai oleh Pepep dan Iman yang kemudian mengajak Pepeng bergabung. Setelah itu grup band ini merekrut Charlie sebagai vokalis.

Para personel band ini pun akhirnya memutuskan untuk menggunakan nama ST 12 yang merupakan akronim dari Jalan Stasiun Timur Nomor 12, Bandung. Tempat tersebut adalah markas berkumpulnya grup musik ini.

3. MALIQ & D’Essentials

MALIQ & D’Essentials

Selanjutnya adalah grup band yang beraliran Jazz yakni MALIQ & D’Essentials. Nama band yang aktif sejak tahun 2002 ini sering disalahpahami sebagai nama salah satu anggotanya. Padahal, menurut Wikipedia nama MALIQ sendiri merupakan singkatan dari Music and Live Instrumental Quality.

4. The S.I.G.I.T

The SIGIT

Band yang digawangi oleh Rekti Yeowono yakni The S.I.G.I.T pada awalnya diambil dari nama ayah sang vokalis. Namun, pada akhirnya The S.I.G.I.T memutuskan untuk membuat akronim dari nama tersebut agar tampak keren.

“Akhirnya di Google, masa The SIGIT doang, kurang keren ya walaupun nama bapak saya ya.” kata Rekti Youtube VINDES yang tayang pada 27 September 2021.

Kini The S.I.G.I.T memiliki kepanjangan, yakni The Super Insurgent Group of Intemperance Talent.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *