Band-band Indonesia paling ternama sepanjang masa

Posted by

Musik masih menjadi sesuatu yang krusial dalam kehidupan manusia, sebab musik kerap menemani berbagai aktivitas manusia. Mulai dari mengisi waktu luang hingga menemani manusia dalam kesibukannya, kerap musik juga menjadi sumber inspirasi dan saran penyaluran perasaan yang dirasakan. Indonesia yang sadar akan pentingnya musik sebagai sebuah seni menetapkan secara resmi 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional. Keputusan ini diambil oleh Presiden saat itu yaitu Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013.

Sebagai bentuk perayaan akan Hari Musik Nasional, Connx ingin memberikan apresiasi untuk beberapa Band yang dianggap legendaris sebagai bentuk terima kasih atas dampak yang diberikan untuk industri musik Indonesia, berikut adalah 5 Band legendaris di Indonesia:

Slank

Kaka Slank rindu kumandang azan di Lombok - ANTARA News Mataram - Berita  NTB Terkini

Image via Antara

Jika berbicara mengenai band legendaris di Indonesia maka dosa besar rasanya jika tidak memasukan nama Slank dalam daftar yang kami buat. Slank merupakan sosok yang banyak memberikan inspirasi dan dorongan untuk musisi-musisi lain agar berani memulai langkah untuk berkarir. Namun karir panjang Slank yang terbilang sukses ini nyatanya tidak berjalan dengan mulus. Band yang berdiri tahun 1983 itu terkenal melalui musiknya yang suka mengangkat keresahan mereka tentang sosial dan politik serta romansa yang disampaikan secara jujur hingga terasa dekat dengan masyarakat.

Pada awal karir Slank, semua tidak berjalan mulus dan mereka mendapatkan banyak sekali kesulitan. Slank sulit menemukan panggung bahkan Vokalis yang awalnya adalah Erwan kerap diganti, sempat mencoba vokalis wanita tapi tidak juga berhasil hingga masuknya Akhadi Wira Satriarji yang dikenal dengan nama Kaka yang merupakan sepupu Bimbim pada tahun 1989. Slank yang karirnya sedang melejit pada saat itu harus mengalami berbagai kekacauan dalam internal Slank sehingga banyak perselisihan yang terjadi dan puncaknya adalah pemecatan Bongky, Indra, serta Pay dan hanya menyisakan Bimbim dan Kaka saja. Slank yang berusaha bangkit tidak terhalang dengan kondisi mereka yang belum cukup stabil, dengan bantuan Ivanka dan Reynold, Slank melanjutkan karirnya namun tidak butuh waktu lama, Reynold memutuskan untuk meninggalkan Slank.

Perginya Reynold membuat Slank pincang hingga akhirnya Slank lengkap lagi setelah Ridho dan Abdee bergabung dengan Slank. 11 Oktober 1997 menjadi debut untuk posisi ini, formasi solid yang bertahan hingga kini dikenal dengan Slank 7. 

Dewa/Dewa 19

Daftar Personel Dewa 19 dari Masa ke Masa, Lengkap dengan Diskografi  Halaman all - Kompas.com

Image via Kompas Entertainment

Sama seperti Slank, salah besar jika band satu ini tidak disertakan dalam daftar band legendaris atau terbaik di Indonesia. Band ini memang dibentuk oleh Ahmad Dhani yang kemudian dikenal sebagai sosok yang jenius dalam dunia musik dan menjadi salah satu pencipta lagu terbaik di Indonesia. Dewa sendiri beberapa kali berganti formasi tapi pada awal terbentuknya pada tahun 1986 memiliki formasi awal yang berisikan Ahmad Dhani, Erwin Prasetya, Wawan Juniarso, dan dilengkapi oleh Andra Junaidi dan Ari Lasso. Pada tahun 1992, Dewa 19 dengan nekat terbang ke Jakarta dari Surabaya untuk mengembangkan musik mereka.

Tahun 1992 itu juga menjadi tahun lahirnya album pertama mereka dan secara mengejutkan berhasil meraih kesuksesan dengan singkat. Nama mereka terus melejit tanpa harus menunggu waktu lama dan berhasil meraih berbagai penghargaan di dunia musik, namun sayangnya pada tahun 1994 dalam masa penggarapan album kedua, Dewa 19 harus berpisah dengan Wawan yang memutuskan untuk meninggalkan Dewa. Posisi yang ditinggalkan Wawan kemudian diisi oleh Reza untuk sementara hingga akhirnya Wong Aksan masuk dan menjadi anggota tetap dari Dewa 19 kala itu. Album Pandawa Lima yang rilis pada tahun 1997 mengangkat Dewa 19 hingga puncak kesuksesan saat itu.

Kesuksesan itu dibayar mahal dengan hengkangnya Wong Aksa serta kehidupan Erwin dan Ari yang memburuk hingga berdampak pada aktivitas band. Ari dan Erwin akhirnya diminta untuk beristirahat sementara waktu, namun sayangnya saat itu Ari malah memutuskan untuk menghilang. Posisi pincang saat itu memang menyulitkan kondisi Dewa namun Dewa kembali bangkit setelah bergabungnya Once Mekel ke Dewa 19 dan disusul oleh bergabungnya Tyo Nugros sebagai drummer.

Tahun 2000 Dewa 19 melepas embel-embel 19 dan kembali eksis dengan nama Dewa saja serta ketambahan Yuke Sampurna di tahun 2002. Kesuksesan Dewa terus meledak, bahkan mereka sampai melakukan penampilan dan konser di luar negeri. Setelah rilisnya Kerajaan Cinta sebagai album terakhir, Dewa harus kehilangan Tyo Nugros yang memiliki masalah kesehatan, Dhani dan Andra juga kerap sibuk dengan proyek mereka sendiri hingga Once memutuskan untuk fokus berkarir sebagai solo. Dewa secara resmi bubar dan hanya akan bergerak sebagai band nostalgia yang kerap ditemani kembali oleh Ari Lasso hingga pada tahun 2022 kemarin, Ello diperkenalkan sebagai vokalis Dewa yang baru.

Gigi

Sebelum Populer hingga Bertahan 25 Tahun, Grup Band Gigi Ternyata Awalnya  Terpaksa Ngutang demi Buat Album

Image via Grid.ID

Gigi juga merupakan band lama dan tak pernah hilang dimakan zaman, buktinya saja sekarang Gigi masih aktif dan eksis di dunia hiburan. Gigi kini masih digawangi oleh Armand Maulana, Dewa Budjana, Thomas Ramadhan, dan Gusti walaupun sempat beberapa kali berganti anggota, sempat ada nama Baron dan Ronald juga yang menghiasi aktivitas Gigi di dunia hiburan. Armand maulana selaku vokalis memang sudah lebih dulu aktif di dunia musik Indonesia hingga kemudian dirinya bertemu dengan rekan-rekannya yang kemudian membentuk band bernama Gigi. 

Gigi sendiri langsung mengeluarkan album pada tahun 1994 itu, uniknya adalah cerita mengenai terbentuknya band ini ada campur tangan Pay dari Slank. Ketika Dewa Budjana masih aktif sebagai session player, Pay mengenalkannya pada Ronald dan Thomas serta mendorong mereka untuk membentuk sebuah band, kemudian Dewa yang mengajak Baron untuk bergabung juga ikut membawa Armand Maulana bersama mereka. Tak butuh waktu lama untuk GIGI merasakan sukses tapi sayangnya pada album kedua di tahun 1995, Baron harus hengkang karena alasan pendidikan.

Hengkangnya Baron disusul oleh Ronald padahal Gigi sudah menjadi besar saat itu dan secara mengejutkan Thomas menyusul namun kembali pada tahun 1999. Posisi-posisi yang ditinggalkan itu kemudian digantikan oleh berbagai nama yang kemudian kerap bergantian mengisi posisi-posisi kosong tersebut, menyisakan Dewa Budjana dan Armand Maulana saja yang memang tak tergantikan. Gigi yang sudah berkarir lama memang banyak menciptakan banyak karya yang tak ternilai dan berkualitas, Gigi juga menjadi salah satu band yang layak untuk diberikan gelar legendaris sebab perjuangan mereka di dunia musik tak main-main juga.

Sheila On 7

22 Tahun Sukses Berkarya, 5 Fakta Perjalanan Karier Sheila on 7

Image via Akurat.co

Sheila On 7 juga merupakan band yang tak lekang oleh waktu, jarang muncul di media namun tetap memiliki basis penggemar yang luar biasa besar sungguh digemari oleh berbagai kalangan. Masih digawangi oleh Duta yang mungkin menjadi salah satu vokalis paling dicintai, serta masih ada Eros dan Adam yang menemani. Sheila On 7 memang kini hanya beranggotakan 3 anggota tetap setelah Brian hengkang pada 2022 lalu, posisinya diganti oleh anggota tambahan seperti Bounty Ramadhan.

Band yang lahir di Jogja pada tahun 1996 ini memiliki karir yang panjang dans ama seperti band-band lain, Sheila On 7 juga beberapa kali mengalami perubahan anggota. Sheila On 7 sendiri memiliki anggota awal yaitu Sakti dan Adam, kemudian mengajak Duta untuk menjadi vokalis hingga mereka bertemu Eros serta Anton yang kemudian mengisi drum. Setelah hanya tampil dalam festival musik saja, Sheila On 7 akhirnya mendapatkan kontrak dari Sony Music Entertainment Indonesia pada tahun 1998. Bahkan kejadian bertemu dengan pihak Sony saja sudah cukup nekat, hanya bermodalkan uang yang sedikit dan mempertaruhkan nasibnya pada kaset demo yang mereka buat.

Tahun 1999 menjadi tahun lahirnya album perdana Sheila dan secara mengejutkan, album tersebut menembus 1,2 juta kopi dipasaran yang kemudian dilanjutkan dengan album kedua yang tak gagal meraih kesuksesan yang sama. Sheila On 7 kemudian tumbuh sebagai sebuah band yang sukses di Indonesia, memberikan dampak dan hiburan bagi masyarakat walau harus berganti personil, tepatnya tahun 2004 ketika Anton memutuskan untuk hengkang yang kemudian diisi oleh Brian sebagai pemain drum tambahan. Namun setelah Sakti juga ikut hengkang, Brian kemudian diangkat sebagai anggota tetap sebelum hengkang pada tahun 2022 lalu. Sampai sekarang Sheila On 7 tetap memiliki tempat khusus di hati masyarakat Indonesia, band yang kala itu memberikan angin segar untuk musik pop Indonesia benar-benar layak disebut legenda.

Peterpan

bandband-indonesia-paling-ternama-sepanjang-masa-connx

Image via Spotify

Peterpan mungkin kini lebih dikenal dengan nama Noah dan tidak memegang kemagisan yang sama tapi pada masanya, Peterpan merupakan sebuah band yang berhasil mencuri seluruh hati masyarakat Indonesia, bermula pada tahun 1997 ketika Ariel diminta oleh Andhika menjadi vokalis sebuah band tapi sayangnya itu tidak bertahan lama dan berujung bubar. Kemudian Andhika mengajak teman-temannya untuk kembali membentuk band, berisikan Ariel, Loekman, Reza, dan Indra, lahirnya band dengan nama Peterpan pada tahun 2000.

Hingga 2001, Peterpan akhirnya memasuki dunia musik profesional dan mulai tampil dari cafe ke cafe di kota Bandung. Sehingga pada akhirnya ada sosok dari label Musica Studios yang melihat potensi Peterpan sehingga tak mau melewatkan potensi yang mereka miliki. Debut Peterpan akhirnya terwujud di tahun 2003 dan langsung meraih kesuksesan secara instan dan hal tersebut terus bertahan selama beberapa tahun lamanya. Kesuksesan yang konsisten itu membuat mereka meraih banyak keuntungan dan penghargaan di industri musik walaupun pada tahun 2006 Andhika dan Indra memutuskan untuk hengkang dan diganti oleh Lucky dan David sebagai anggota tambahan.

Peterpan akhirnya menghadapi masalahnya, yaitu permasalahan nama Peterpan yang dipermasalahkan oleh Andhika dan menuntut untuk mengganti nama band tersebut. Hal ini pada akhirnya diterima oleh anggota dari Peterpan tersebut namun kala itu, mereka masih belum dapat memastikan nama baru dari band itu, kemudian David diangkat menjadi personil tetap di tahun 2008 ketika perilisan album baru mereka. Sayangnya tahun 2010, aktivitas Peterpan terhenti sejenak sebab Ariel harus vakum dari dunia entertainment karena menghadapi masalah sehingga ketika Ariel sudah kembali, Peterpan akhirnya berganti menjadi Noah. Walau terbilang lebih singkat dibanding band legendaris lainnya, Peterpan juga sempat memberikan warna tersendiri di dunia musik Indonesia, apalagi lirik Peterpan yang benar-benar menyentuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *